Ayam Petarung 2018: Tips Cara Memilih Indukan dan Pacek Ayam Aduan

Tips Cara Memilih Indukan dan Pacek Ayam Aduan
img by @kaskus.co.id

Memiliki ayam yang bagus itu merupakan idaman bagi semua penghobi ayam, bagus di sini dapat diartikan sebagai memiliki kualitas baik dalam bentuk maupun gaya bertarung, untuk mendapatkannya sebenarnya tidak mudah karena ayam yang bagus itu memiliki unsur keturunan dari induknya, jadi intinya jika ingin memiliki ayam yang bagus itu harus memiliki atau tahu asal usul dari indukannya, untuk itu disini saya akan memberikan beberapa informasi bagaimana memilih indukan dan pacek ayam dengan cara yang mudah.

Dalam memilih indukan dan pacek ayam yang bagus itu perlu ketelitian yang baik, karena kita harus memperhatikan bentuk, warna bulu dan sebagainya, untuk lebih detailnya bisa dilihat dibawah ini.

  1. Hal yang harus diketahui dalam memilih indukan yang bagus itu dilihat dari kepalanya, ayam yang bagus itu memiliki kepala yang berbentuk pinang atau lonjong.
  2. Yang selanjutnya ialah paruh ayam tidak pendek, yang artinya carilah ayam yang memiliki paruh bagian atas yang berbentuk seperti buah belimbing dan paruh bawahnya berbentuk agak lurus tapi tidak tebal.
  3. Pada bagian kakinya coba cari kaki yang memiliki sisik yang rapi dengan jari-jarinya tidak gemuk namun terlihat kekar dengan jari yang proporsional.
  4. Untuk warna bulu biasanya cari yang berbulu tebal dan mengkilap, bulu ini sebenarnya penting untuk turunan selanjutnya atau anakannya bisa memiliki bulu yang bagus juga.
  5. Bulu untuk ayam cari bulu yang sekiranya tidak pendek namun panjang dan tidak acak-acakan.
  6. Untuk tubuhnya cari yang panjang dan berbentuk jantung .
  7. Paa bagian mata cari yang berwarna putih, dan mempunyai star mata, untuk jenis mata ini biasanya ayam memiliki tenaga yang bagus.
Demikianlah sedikit informasi memilih indukan dan paacek ayam yang baik, semoga artikel ini bisa beranfaat dan berguna bagi kalian semua, sekian dan terima kasih.